Sunday, February 15, 2009

PERBEDAAN PERENCANAAN PEMUATAN DENGAN REALISASI PEMUATAN MINYAK DI MT. KATOMAS PADA PT. PERTAMINA ( Persero ) DIREKTORAT PEMASARAN DAN NIAGA PERKAPALA

INDRA YUSUF PASAU



BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah.
Sistem transportasi dan pengelolaannya memiliki sifat operasi jasa angkutan yang dapat di kelompokan ntara lain : tarnsportasi laut, darat dan udara. Bedasarkan penelolan yang tepat akan berbagai jenis taransportasi ini serta kemajuan industri dan teknologi maka transportasi telah menjadi suatu bidang yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan suatu produk.
Pengelolaan jasa transportasi yang teratur dapat menjembatani pemindahan barang, orang antara suatu wilayah maupun atar negara, sehingga dapat menutupi kesenjangan produk anatara suatu wilayah ataupun atar Negara. Pada prinsipnya jasa transportasi dapat menciptakan nilai yang tinggi dari suatu produk dan sekaligus dapat menciptakan kegunaan tempat ( Place Utility ) dan kegunaan waktu. ( time Utility )
PT. PERTAMINA PERSERO PERKAPALAN adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perkapalan , khusunya transportasi laut. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi laut PT. pertamina persero perkapalan sebagai badan usaha milik Negara ( BUMN ) yang di percaya oleh pemerintah untuk mengelola dan mendistribusikan minyak dari suatu wilayah ke wilayah lain di indonesia hinggan ke beberapa Negara menggunakan kapal- kapal milik Pt.pertamina perkapalan, pendistibusian minyak menggunakan kapal milik pt.prtamina untuk sekarang ini cukup baik, dan dalam pendistribusian harus didukung dangan suatu perecanaan yang baik

karena dengan perencanaan yang baik tidak akan terjadinya delay suatu kapal atau kapal tidak terlalu lama menunggu muatan, dermaga dalam melakukan kegiatan bongar muat.

Latar belakang masalah yang penulis kemukakan dalam penulisan ini ialah untuk mengetahui seberapa besar hubungan pemuatan minyak ( premium , kero , solar ) terhadap realisasi jumlah besarnya DWT kapal, oleh karena itu maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk karya tulis ilmiah dengan judul : ‘ PERBEDAAN PERENCANAAN PEMUATAN DENGAN REALISASI PEMUATAN MINYAK DI MT. KATOMAS PADA PT. PERTAMINA ( Persero ) DIREKTORAT PEMASARAN DAN NIAGA PERKAPALAN JAKARTA TAHUN 2006 – 2008.

B. Perumusan Masalah
1. Identifikasi masalah
Adapun identifikasi masalah pada penelitian ini adalah :
a. Perencanaan pemuatan minyak dari shore ( kilang ) kadang berubah – ubah.
b. Masih kurangnya tenaga kerja ( SDM ) yang terampil dan berkualitas.
c. belum tepatnya waktu penyandaran dan wakru kegiatan bongkar muat.
d. Jumlah kapal milik PT. pertamina perkapalan yang masih kurang / di bandingkan dengan banyaknya kapal – kapal charter.
2. Batasan Masalah


Dari identifikasi masalah, agar pembahasan tidak terlalu meluas maka penulisan membuat batasan masalah yang akan di teliti pada masalah perbedaan perencanaan pemuatan dengan realisasi pemuatan minyak di MT.katomas pada


PT.PERTAMINA ( persero ) DIREKTORAT PEMASARAN DAAN NIAGA PERKAPALAN TAHUN 2006 – 2008.
3. Pokok Permasalah.
Bedasarkan uraian yang telah dikemukakan penulis pada latar belakang masalah dan perumusan masalah maka penulis mengangkat beberapa masalah sebagai berikut :
a. bagaimana perencanaan pemuatan minyak yang menggunakan MT.tanker pada PT. pertamina perkapalan 2006-2008.
b. Bagaimana realisasi pemuatan minyak menggunakan MT.tanker pada PT. Pertamina Perkapalan 2006-2008.
c. Seberapa besar perbedaan perencanaan pemuatan dengan realisasi pemuatan minyak menggunakan MT.tanker pada PT. pertamina perkapalan pada tahun 2006-2008.
C. Tujuan dan Mamfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
a. Untuk mengetahui perencanaan pemuatan minyak menggunakan MT.tanker pada PT. Pertamina Perkapalan tahun 2006-2008.
b. Untuk mengetahui realisasi pemuatan minyak menggunakan MT.tanker pada PT.Pertamina Perakapalan tahun 2006 – 2008.
c. Untuk mengetahui perbedaan perencanaan pemuatan dengan realisasi pemuatan minyak menggunakan MT. Tanker pada PT.Pertamina Perkapalan tahun 2006-2008.

2. Mamfaat Penelitian
a. Bagi Penulis
Dari penulisan ini penulis dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai perkembangan dunia usaha khususnya perbedaan perencanaan pemuatan dengan realisasi pemuatan minyak menggunakan MT. tanker pada PT. pertamina Perkapalan tahun 2006-2008.

B. Bagi Perusahaan
Mamfaat bagi perusahaan khususnya Pada PT. Pertamina Perkapalan sebagai bahan masukan dan pemikiran yang mana bias bermamfaat bagi perusahaaan untuk mengevaluasi guna meningkatkan usaha secara maksimal dengan cara meningkatkan kinerja optimal sehingga dapat dicapai sasarn yang dapat diharapkan.

C. Bagi Lembaga
Agar dapat dipergunakan sebagai informasi tambahan dan sumber ilmu pengetahuan dan dapat dijadikan perbandaharaan perpuatakaan bagi

perpustakaan sekah Tinngi manajemen Transport ( STMT ) Trisakti.
D. Metode Penelitian
Metode penilitian yang dipakai pada penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian sample.
1. Jenis dan sumber data
Jenis data dalam penelitian ini bedasarkan variable – variable yang diteliti adalah deskriptif developmental dan diperoleh dari data laporan perusahaan yang telah ada sehingga data tersebut merupakan data skunde, data diambil dari laporan evalusi kinerja pelayanan dokumen dan pedoman perusahaan.
2. Metode pengumpulan data
a. Riset Lapangan ( Field Research )
Metode ini dilakukan untuk mendapatkan data yang diperlukan secara langsung dari objek peneliti dan dilakukan pada saat penulis bekerja di atas kapal mt.katomas pada PT. Pertamina ( persero ) Direktorat pemasaran dan niaga perkapalan. Dalam memperoleh data tersebut penulis menggunakan beberapa tekhnik pengumpulan data yaitu :
1) Observasi ( pengamatan langsung ), yaitu mengadakan pengamatan langsung terhadap aktivitas perusahaan dan objek yang diteliti.


2) Interview dilakukan kepada karyawan- karyawan dan pihak yang terkait dengan objek yang diteliti.
2. b. Library Research ( riset keperpustakaan )
Dalam penelitian ini penulis menggunakan data yang bersifat teoritis melalui Literature-literature yang meliputi buku-buku tulis serta bacaan lain yang berhubungan dengan pokok pembahasan yang diteliti.
3. Metode Analisis Data.
Bedasarkan latar belakang masalah dan pokok masalah, maka teknik analisis data ini menggunakan penelitian kualitatif. Menurut Sugiyono ( 2005:13 ), penelitian Kualitatif pada dasarnya menggunakan data yang berbentuk kata, kalimat, skema dan gambar. Data kualitatif adalah data yang berbentuk kata atau data kualitatif yang diangkakan. Data kualitatif yang diangkakan ( scoring ) misalnya terdapat dalam scala perhitungan muatan. Adapun cara yang dilakukan untuk mengelola data tersebut adalah sebagai berikut :
a. Analisis Deskriptif Developmental
Teknik analisis data ini berbentuk analisis deskriptif developmental menurut Suharmisi Arikunto ( 1993:210 ),

biasanya jenis ini digunakan untuk menemukan suatu model atau prototype, dan bias digunakan untuk segala jenis bidang. Pelaksanaan model tersebut diamati, datanya dibandingkan dengan kraterian yang sudah tetapkan, yaitukrateria yang menjadi tujuan.
b. Analisis Horizontal
Teknik analisis data yang digunakan oleh penulis untuk menganalisis dan membahas perumusan masalah yang akan diteliti adalah dengan menggunakan analisis trend/ analisis horizontal yaitu untuk membandingkan data kegiatan usaha baik secara absolute maupun dalam bentuk relative atas bagian kegiatan yang ada dengan kegiatan – kegiatan yang telah dicapai dari tahun ke tahun atau period eke periode. Dari analisis ini akan diperoleh suatu kesimpulan apakah telah terjadi kemajuan atau kemunduran dari kegiatan – kegiatan usaha perusahaan.
Yang dinyatakan dengan rumus :
An – ( An– 1 )X100
An-1

An : Data pada reriode n
E. Sistematika Penulisan
Sebagai upaya untuk memudahkan pambaca dalam memahami materi skripsi secara terinci, maka dibuat sistematika materi bedasarkan bab yang


diorganisir sebagai satu kesatuan yang utuh dan saling berhubungan dengan pemikiran ini. Maka uraian materi per bab dalam penulisan ini adalah sebagai berikut :

BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini diuraikan mengenai latar belakang permasalahan, perumusan permasalahan, tujuan dan mamfaat penelitian, metedologi penelitian meliputi :
Jenis dan sumber data, metode pengumpulan data dan teknik analisis data, serta sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini menguraikan secara singkat sejarah perusahaan, organisasi dan manajemen serta kegiatan usaha yang mencakupi utama dan penunjang.

BAB III : GAMBAR UMUM PT.PERTAMINA ( persero )
Bab ini menguraikan secara singkatsejarah perusahaan,
organisasi dan manajemen serta kegiatan usaha yang
mencakupi utama dan penunjung.


BAB IV : ANALISIS PEMBAHASAN
Dalam bab ini membahas realisasi jumlah jumlah muatan minyak di MT.tanker tahun 2006 – 2008.


BAB V : PENUTUP
Penutup terdiri dari kesimpulan dan saran.