Tuesday, February 17, 2009

ANALISIS HUBUNGAN LOGISTIK TRANSPORTASI DENGAN ARUS BARANG IMPORT PADA PT. MUHEKO BINTANG EKSPORT DIJAKRTA TAHUN 2007-2008

Nama : Fakhrul Bahri Harahap
NIM : 244307018


BAB I
PENDAHALUAN
A. Latar Belakang
Kemajuan teknologi dalam bidang komunikasi dan transportasi elah membawa dampak yang positif dalam hubungan antar bangsa khususnya dalam hubungan ekonomi international. Perkembangan lain yang telah memperpendek jarak ini adalah perombakan dan pembaharuan dalam sektor transportasi. Kontainerisasi dalam bidang angkutan laut telah merombak strategi dan struktur armada angkutan kapal-kapal tradisional. Begitu pula kemajuan dalam dunia penerbangan, kereta api dan jalan raya telah mendorong mobilitas barangdan penumpang dari satu negara ke negara lain diseluruh dunia. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa pembaharuan dalam bidang informasi dan trasnportasi telah mempermudah hubungan antar bangsa baik yang menyangkut bidang sosial budaya mauoun bidang ekonomi internasional.
Dalam melaksanakan ekspor, para eksportir tidak mengerjakan sendiri seluruh tugas yang menjadi kewajibannya. Sebagian dari tugas itu, lazim diserahkan pada badan usaha lain. Salah satu diantaranya adalah usaha jasa transportasi atau Freight Forwarder, yang bertujuan mewakili tugas pengirim barang (Consignor/Shiper/Exporter) ataupun mewakili tugas penerima barang (Consignee/Receiver/Importer) yang diperlukan untuk terlaksananya pengirim barang ekspor maupun impor baik melalui darat, laut maupun udara.
Dalam perusahaan Freight forwarding ada bagian/divisi logistik terutama logistik transportasi, yang bertugas sebagai armada dalam pengangkutan barang baik itu barang eksport maupun barang impor. Perusahaan freight forwarding biasanya memiliki sendiri armada angkutannya, namun tidak menutup kemungkinan bila perusahaan tersebut menyewa atau menyerahkan semua urusan transportasi kepada pihak ketiga (di-outsource). Faktor tersebut ditentukan oleh tingkat layanan dan biaya dari kedua pilihan.
Bagian/divisi logistik transportasi bertanggung jawab langsung atas tersedianya dan terjaminnya kendaraan yang akan digunakan sebagai sarana pengankut bagi eksportir untuk memperlancar barang ekspor yang akan dikirim. Tersedianya armada angkutan tersebut diusahakan harus sesuai dengan kebutuhan/permintaan eksportir dan harus siap dipabrik/gudang eksportir pada saat stuffing dalam waktu yang ditentukan. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kepuasaan terhadap konsumen/eksporter/importer.
Dalam pelaksanaannya, banyak faktor-faktor yang bisa mempengaruhi jalannya kegiatan operasional logistik transportasi baik itu faktor eksternal maupun faktor internal. Faktor-faktor tersebut dapat berdampak positif terhadap jalannya perusahaan tetepi juga dapat berdampak negatif.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk sebuah skripsi/karya tulis ilmiah dengan judul: “ANALISIS HUBUNGAN LOGISTIK TRANSPORTASI DENGAN ARUS BARANG IMPORT PADA PT. MUHEKO BINTANG EKSPORT DIJAKRTA TAHUN 2007-2008”
B. Perumusan Masalah
1. Identifikasi Masalah
Dengan semakin meningkatnya arus perdagangan internasional, harus diimbangi dengan peran trasnportasi yang memadai untuk memperlancar arus barang yang akan diekspor. Selanjutnya identifikasi masalah dalam penulisan ini adalah:
a. Kerusakan pada armada logistik transportasi,
b. Keterlambatan pengangkutan dan pengiriman arus barang dan
c. Ketidaksesuain armada logistik transportasi dengan kebutuhan konsumen/eksportir.
2. Batasan Masalah
Karena terbatasnya waktu, tenaga dan biaya, maka permasalahan ini akan dibatasi pada ruang lingkup yang menyangkut pelaksanaan penelitian dengan batas-batas sebagai berikut: penelitian ini hanya membahas hubungan antara logistik transportasi dengan arus barang ekspor pada perusahaan.
3. Pokok Masalah
Dalam skripsi ini, penulis akan membahas tentang hubungan logistik transportasi dengan arus barang yang harus diekspor pada perusahaan, dengan rumusan masalah sebagai berikut:
a. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pengoperasian logistik transportasi pada perusahaan?
b. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pengangkutan dan pengiriman arus barang ekspor pada perusahaan?
c. Adakah hubungan antara pengoperasian logistik transportasi dengan arus barang ekspor pada perusahaan?
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Adapun tujuan dan manfaat dari penelitian yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Penelitian
a. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi operasi transportasi perusahaan.
b. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengangkutan dan pengiriman arus barang ekspor pada perusahaan
c. Untuk mengetahui hubungan antara operasi transportasi dengan arus ekspor pada perusahaan tahun 2007-2008
2. Manfaat Penelitian
a. Bagi Penulis
Untuk menambah wawasan pengetahuan dalam upaya memperdalam ilmu dalam bidang logistik, khususnya dalam pelaksanaan logistik transportasi dan dalam bidang perdagangan internasioanal terutama kegiatan ekspor barang, juga pengetahuan dalam bidang usaha freight forwarding.
b. Bagi Perusahaan
Diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan menambah masukan dalam pelaksanaan logistik transportasi untuk waktu yang akan datang.
c. Bagi Pembaca
Diharapkan dapat mengunakan penelitian ini sebagai bahan referensi dan acuan serta studi perbandingan terhadap bentuk penelitian serupa, serta dasar untuk penelitian lebih lanjut dan lebih dalam.

D. HIPOTESIS
Adalah hasil sementara suatu penelitian yang perlu diuji kebenarannya. Adapun hipotesis penelitian ini adalah diduga ada hubungan positif antara logistik transportasi dengan arus barang ekspor pada PT.MUHEKO BINTANG EKSPORT

E. METODOLOGI PENELITIAN
Dalam penyusunan penelitian ilmiah ini penulis menggunakan beberapa metode penelitian dalam pengumpulan data yang diperlukan, yang disesuaikan dengan objek penelitian, sehingga dapat menghasilkan data-data yang akurat. Metodologi Penelitian yang digunakan penulis dalam penyusunan penelitian ilmiah ini yaitu:
1. Metode Pengumpulan Data
a. Penelitian Lapangan (Field Research), yaitu teknik pengumpulan data dengan cara melakukan penelitian secara langsung pada obyek penelitian untuk memperoleh data dan informasi yang akurat dengan melakukan teknik-teknik sebagai berikut :
1. Wawancara, yaitu dengan mengadakan tanya jawab dengan para karyawan mengenai hal-hal yang berhubungan denan logistik transportasi.
2. Observasi, yaitu dengan melihat dan mengamati langsung aktivitas karyawan dalam melaksanakan tugasnya , sehingga dapat memperoleh data yang bersifat langsung dari kegiatan perusahaan.
b. Penelitian Kepustakaan (Library Research), yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari bahan-bahan tertulis yang relevan dengan penelitian seperti; buka-buku, catatan perkuliahan, dokumen-dokumen, dan lainnya.
2. Metode Analisis Data
Metode analisis yang digunakan adalah menurut Algifari (2003:169)
a. Persamaan Garis Regresi
Y= a + bX
Keterangan :
Y = Variable Dependent (terikat)
X = Variabel Independent ( bebas)
a = Konstanta
b = Koefisien Regresi, yaitu pengaruh “x” terhadap “y”


observasi
n (∑XY) – (∑X)( ∑Y)
b =
n ∑X² - (∑Y)²
a = ∑ Y – b ∑X
n
n = Banyaknya data

b. Koefisien Korelasi
r = Koefisien korelasi ( tingkat ada atau tidaknya hubungan antara variabel yang sedang diobservasi).
Keterangan :
1). Jika r = 0 atau mendekati nol, artinya tidak ada hubungan antara X dan Y atau hubungan Sangat Lemah sekali.
2). Jika r = +1 atau mendekati positif satu, artinya ada hubungan antara variabel X dan variabel Y sangat kuat dan positif.
3). Jika r = -1 atau mendekati minus satu, artinya ada hubungan antara variabel X dan variabel Y sangat kuat tapi negatif.
c. Koefisien Penentu (coefisiensi of determination)
Menurut Pearson didalam buku M. Iqbal Hasan (2003:236), yaitu:
Kp = r² x 100%
Dimana :
Kp= Koefisien Penentu
r² = Koefisien determinasi yang menunjukkan besarnya sumbangan yang ditimbulkan antar variabel yang satu dengan variabel yang lain.
d. Uji Hipotesis
Uji Hipotesis digunakan untuk mengujji apakah variabel X dan variabel Y mempunyaoi hubungan yang signoifikan atau tidak. Rumus yang dipakai adalah dengan uji satu arah yaitu:
1). Ho : ρ = 0, tidak ada hubungan antara logistik transportasi terhadap arus barang distribusi.
Hi : ρ > 0, ada hubungan antara logistik transportasi terhadap arus barang distribusi.
2). thit = r √ n - 2
√ 1 - r²
Rumus Uji Korelasi
Bandingkan hasil hitung /analisis dengan tabel
Tt = ttabel = t (α; dt = n – 2 )
α = 5 %
e. Kesimpulan :
a. Jika thit < ttabel, maka Ho; diterima, Hi ; ditolak, artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y.
b. Jika thit > ttabel, Ho; ditolak, Hi ; diterima, artinya ada hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y.
F. Sistematika Penulisan
Agar penulisan Penyusunan Karya Ilmiah ini menjadi lebih efektif, maka perlu disusun sistematika penulisannya. Adapun sistematika penulisannya yaitu sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
Merupakan Bab Pendahuluan dimana dalam bab ini penulis menguraikan
tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian, hipotesis, metode penelitian dan diakhiri dengan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI
Membahas mengenai teori yang mana didalamnya dibahas mengenai variabel penelitian seperti pengertian logistik, pengertian angkutan/transportasi, pengertian ekspor dan arus barang ekspor serta hubungan logistik transportasi terhadap arus barang ekspor.


BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Membahas mengenai tinjauan umum perusahaan yang menjelaskan secara rinci mengenai sejarah & perkembangan perusahaan, organisasi dan manajemen, serta kegiatan usaha yang dijalankan oleh perusahaan.
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Merupakan analisa dan pembahasan, yang dalam bab ini diuraikan tentang analisis logistik transportasi, analisis arus barang ekspor dan analisis hubungan peran logistik transportasi terhadap arus barang ekspor.
BAB V PENUTUP
Merupakan bab penutup dari bab iv dimana didalamnya mengemukakan kesimpulan dan saran.