Friday, February 13, 2009

ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA ABK UNTUK MELANCARKAN PENGOPERASIAN KAPAL MT. YOTO MARU

AMOS PATONGLOAN
NIM`: 244 308 037


BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang
Sistem transportasi laut dalam era globalisasi sekarang ini terus berkembang sangat pesat. Kapal sebagai sarana angkutan laut memegang peranan yang sangat penting dalam sistem transportasi laut. Di negara kita Indonesia yang mempunyai banyak pulau, jasa transportasi laut sangat dibutuhkan. Oleh karena itu kelancaran transportasi laut dengan kapal harus benar-benar dipastikan beroperasi dengan bagi dalam artian laik laut.
Dalam istilah laik laut, faktor sumber daya manusia yang menanganinya tidak dapat diabaikan yaitu awak kapal itu sendiri. Untuk itu keahlian, kecakapan, profesionalisme dan kedisiplinan dari awak kapal sangat dituntut dalam mengoperasikan kapal dengan baik.
Dengan kemajuan di bidang teknologi maritim dewasa ini, pembuatan kapal semakin canggih menyesuaikan dengan tuntutan kemajuan teknologi dan peraturan-peraturan yang berlaku secara internasional seperti Safety of Life at Sea 74, STCW 78 dan amandemen-amandemennya, MARPOL 73/78 dan yang lainnya , peraturan tersebut sebagaian besar telah diratifikasi oleh pemerintah Indonesia.
Sesuai dengan ketentuan maka para pelaut sebagai sumber daya manusia harus membuktikan dirinya bahwa keahlian serta kecakapan yang dimiliki oleh mereka harus sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan. Untuk itu para pelalut Indonesia harus mengikuti sistem yang berlaku melalui pendidikan dan pelatihan yang diorganisir oleh pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan dan Badan Pendidikan dan Latihan Perhubungan. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di atas kapal, awak kapal dituntut pula keseriusan dan ketelitiannya serta manajemen dengan kualitas yang baik. Kualitas anak buah kapal yang baik sangat menentukan apakah suatu tugas dan tanggung jawab harus dilaksanakan dengan baik,sehingga kecelakaan kerja di atas kapal dapat dicegah sedini mungkin dari keselamatan dari kapal, muatan, dan awak kapal dapat terjamin.
Dari latar belakang yang telah diuraikan penulis sangat tertarik untuk mengambil judul : ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA ABK UNTUK MELANCARKAN PENGOPERASIAN KAPAL MT. YOTO MARU
Dengan maksud dan tujuan agar operasional kapal dapat berjalan dengan baik, aman, serta dengan biaya yang ekonomis.





B. Pokok Permasalahan
Kualitas anak buah kapal sangat mempengaruhi lancarnya pengoperasian kapal, apalagi bagi kapal-kapal yang melayani daerah pelayaran jarak pendek sangat berpengaruh terhadap jam istirahat anak buah kapal yang kurang, disamping itu belum adanya sistem pendukung untuk mengukur hasil kerja anak buah kapal dan keterampilan Anak Buah Kapal yang kurang memadai akan menimbukan beberapa permasalahan.
Permasalahan yang sering terjadi adalah “KURANGNYA MOTIVASI ANAK BUAH KAPAL”. Sehingga sering terjadi kecelakaan kerja yang dialami oleh anak buah kapal. Uraian di atas sangat mempengaruhi kelancaran pengoperasian kapal. Oleh karena itu, upaya peningkatan kualitas kerja ABK sangat perlu dilakukan secara terus-menerus.

C. Tujuan dan Manfaat Penulisan
Tujuan dan manfaat penulsan dari masalah yang diambil oleh penulis adalah sebagai berikut :
1. Tujuan
Untuk mengetahui pencegahan kecelakaan kerja melalui peningkatan mutu ABK.


2. Manfaat
a. Memberi gambaran cara kerja yang baik dan benar serta menurunkan tingkat kecelakaan kerja di atas kapal.
b. Manfaat terhadap dunia praktis adalah dengan hasil penelitian ini sebagai sumbangan saran untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia di bidang kelautan.
D. Lingkup Bahasan
Mengingat begitu luasnya permasalahan yang dibahas dalam makalah dengan topik “peningkatkan kualitas kerja ABK untuk melancarkan pengoperasian kapal MT.Yoto Maru” dalam mencegah kecelakaan kerja di atas kapal MT. Yoto Maru” ini, penulis hanya membatasi bahasanya pada pokok permasalahan yaitu “kurangnya motivasi anak buah kapal” .
E. Metode Pengumpulan Data
Untuk menyusun makalah ini tentunya diperlukan data yang mendukung guna mendapatkan hasil yang diinginkan sesuai dengan ketentuan dalam pembuatan makalah. Untuk itu dalam mendapatkan data penulis menggunakan metode pengumpulan data sebagai berikut :
1. Pengalaman penulis selama bekerja di Hozan Shipping Pte. Ltd Singapore, mulai 12 Agustus 2007 sampai 22 Agustus 2008.
2. Studi pustaka yaitu dengan buku-buku referensi yang sesuai dengan judul yang penulis ambil.